Wednesday, April 16, 2014

Tips dan Trik Ujian Listening Bahasa Inggris

Tips dan Trik Ujian Listening Bahasa Inggris


Assalamualaikum wr.wb

salam sejahtera untuk kita semua. Melalui tulisan di blog saya ini saya ingin menyampaikan sebuah pidato penting yang ditujukan khususnya kepada adik kelas yang tahun depan akan mengikuti ujian nasional listening bahasa inggris.
Melalui pidato singkat saya ini, saya ingin membagikan sedikit tips dan trik dalam menghadapi ujian listening bahasa inggris. Tak bisa dipungkiri, Listening bahasa inggris memang merupakan momok bagi sebagian besar siswa, karena bagi tipe orang seperti saya ini, suara terdengar seperti angin bising, cepat dan tidak jelas.
Namun, alhamdulillah karena pertolonganNya saya insyaAllah bisa menjawab soal listening bahasa inggris tanggal 16 april 2014 kemarin. Beginilah trik saya dalam menghadapi soal listening : (nomor pertama pertama jangan lupa berdoa! yang khusyuk! itu yang terpenting!!)

1. Begitu LJUN/LJK dibagi, segera cepat isi nama, nomor peserta dll (yang teliti)
2. Periksa juga kelengkapan soal, karena tahun saya ini Lembar jawab menyatu dengan soal, sehingga bila nantinya kita sudah jauh jauh mengerjakan ternyata ada soal yang tidak lengkap maka harus mengulang dari awal. Karena paket soal berupa barkode.
3. Lalu segera lihat soal listening (no 1-15), dan terjemahkan opsi/pilihan jawaban (a,b,c,d,e) semampu kita. Sehingga nantinya ketika soal diperdengarkan kita bisa faham sedikit maksud soal.
4. Begitu soal listening diperdengarkan, pasang telinga baik baik
5. Ketika soal dibacakan, perhatikanlah opsi jawaban soal tersebut. Misal sedang diperdengarkan soal listening no 1, maka sambil kita mendengarkan kita juga sambil memperhatikan opsi opsi jawaban pada nomor 1 yang sudah kita terjemahkan di awal tadi.

Demikianlah kira kira tips dan trik dalam menghadapi Ujian listening bahasa inggris, semoga sukses ya adik adik :)

Wednesday, April 9, 2014

Syarat dan Kriteria memilih pemimpin dalam Islam

KRITERIA PEMIMPIN YANG DIPILIH SEORANG MUSLIM




1. Beriman, Seakidah
Allah berfirman dalam surat al maidah ayat 51 “Hai Orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin (mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barang siapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.” (QS Al-Maidah : 51)

2. Jujur dan Amanah
Hati-hatilah para pemimpin rakyat, karena rasulullah saw telah memperingatkan : "Barangsiapa diberi beban oleh Allah untuk memimpin rakyatnya lalu mati dalam keadaan menipu rakyat, niscaya Allah mengharamkan Surga atasnya". [HR. Muslim]

“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (An-Nisa’ : 58)

3. Memberi rasa aman dan kesejahteraan

4. Menjadi contoh yang baik bagi rakyatnya
“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”. (Al-Ahzab: 21)

5. Adil
“Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi kerana Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu kerana ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjaan.” (QS An-Nisa’ : 135)

6. Tidak berambisi
Rasulullah saw bersabda “Wahai Abdurrahman bin Samurah, janganlah engkau meminta kepemimpinan. Karena jika engkau diberi tanpa memintanya niscaya engkau akan ditolong (oleh Allah dengan diberi taufik kepada kebenaran). Namun jika engkau mendapatkannya karena permintaanmu niscaya akan dibebankan kepada dirimu sendiri (tidak akan ditolong).”

“Wahai Abu Dzar, engkau seorang yang lemah sementara kepemimpinan itu adalah amanat. Dan nanti pada hari kiamat, ia akan menjadi kehinaan dan penyesalan kecuali orang yang mengambilnya dengan haknya dan menunaikan apa yang seharusnya ia tunaikan dalam kepemimpinan tersebut.” ( HR. Muslim)

7. Laki-laki
Allah berfirman dalam surat annisa : 34 : "Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

Saturday, April 5, 2014

Cara Memasang iklan di RYE_BLOG



1. Segera hubungi 085747896338
2. Tidak ada penipuan

Sunday, March 30, 2014

Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Tak Langsung

METODE LANGSUNG

Saya akan berikan ilustrasi dulu biar “terbuka” pemikiran kamu.
Misalnya sekarang kamu punya uang Rp. 10.000,-  lalu besok uang kamu menjadi Rp. 15.000,- maka telah terjadi kenaikan pada saldo uang kamu sebesar Rp. 5.000,- .

Nah,  sebagai orang luar saya tidak tahu uang Rp. 5.000,- itu asalnya dari mana. Bisa jadi itu adalah hasil nyolong..(qqq..), hasil jualan, atau hasil minjam.. (seringnya yang ini kayaknya.. qqqq)

Bisa jadi ada skenario seperti ini:
1. awal: 10.000, belanja barang 7.000, dan dapat pendapatan 12.000 sehingga saldo akhir 15.000

2. awal: 10.000, dipakai jajan 5.000, dan meminjam uang 10.000 (tuh kan bener..), sehingga saldo akhir 15.000

Nah, saya bisa mengetahui skenario mana yang terjadi (emangnya film? qqq) apabila kamu membuat laporan arus kas.

Jadi makanan apa sih laporan arus kas ini?

Laporan ini adalah makanan eh salah.. laporan yang menyediakan:
1. informasi aliran kas masuk dan kas keluar selama satu  periode akuntansi
2. informasi kegiatan operasi, investasi, dan pendanaan
Aktivitas Operasi (operating activities)
Melibatkan pengaruh kas dari transaksi yang dilibatkan dalam penentuan laba bersih.
seperti : penjualan barang dan jasa, penerimaan royalti, fee, komisi dan pendapatan lain, pembayaran kepada supplier, karyawan, dll.
Aktivitas Investasi (investing activities)
Meliputi kegiatan penjualan/pembelian aktiva tetap dan investasi surat berharga jangka panjang.
Aktivitas Pembiayaan/Pendanaan (financing activities)
Melibatkan pos-pos kewajiban jangka panjang dan ekuitas pemilik.
seperti: setoran modal, penerbitan saham, hutang bank, hutang obligasi, pembayaran deviden, dll.
Gimana sih bentuk maka.. maksudnya laporan ini (ehm.. maklum nulis ini waktu lagi lapar.. qqq)
Format Laporan Arus kas



 Oke sekarang contoh soal:
Data-data yang kita butuhkan berasal dari BUKU BESAR
misalnya buku besarnya seperti ini:
Supaya benar laporannya, posting buku besarnya Harusbenar ya..
caranya pak..? (malu ah.. udah gede harus diajarin juga.. qqq)


Nah, dari buku besar ini, maka laporan arus kasnya menjadi seperti ini:

 
 dari mana penghasilan jasa 2.900.000 pak? (dari hongkong.. qqq)
perhatikan keterangan di bawah ini..

METODE TAK LANGSUNG

Laporan arus kas dapat bersumber dari neraca perbandingan dua periode akuntansi. Pendekatan ini disebut dengan metode tidak langsung. Sumber data adalah neraca pada tahun yang lalu dan neraca tahun yang berikutnya, apakah suatu akun (harta, hutang dan modal) terjadi kenaikan atau penurunan.

Membandingan saldo-saldo setiap akun antara kedua neraca itu bisa berupa:

    Tidak ada perbedaan (saldonya tetap) berarti tidak terjadi arus arus kas.
    Apabila pada periode yang belakangan terdapat saldo laba menyebabkan arus kas bertambah, dan jika terdaat saldo rugi menyebabkan arus kas berkurang.
    Apabila harta selain kas terjadi kenaikan maka menyebabkan arus kas berkurang, namun kalau terjadi penurunan berakibat kebalikannya (arus kas bertambah)
    Apabila hutang dan modal terjadi kenaikan menyebabkan arus kas bertambah, dan jika terjadi penurunan menyebabkan arus kas berkurang.

Untuk memudahkan pemahaman, kami sajikan neraca perbandingan  tahun 20X2 dengan tahun 20X1 seperti data di bawah ini.

Arus kas dapat berupa:

    Arus kas dari kegiatan operasi bertambah apabila adanya (a) saldo laba, (b) penurunan nilai harta lancar, dan (c) kenaikan utang jangka pendek. Sedangkan arus kas dari kegiatan operasi berkurang disebabkan (a) saldo rugi, (b) kenaikan harta lancar dan (c) penurunan utang jangka pendek.
    Arus kas dari kegiatan investasi bertambah karena adanya penurunan nilai harta tetap dan  arus kas berkurang karena kenaikan harta tetap.
    Arus kas dari kegiatan pendanaan bertambah apabila terjadi kenaikan (a) hutang jangka panjang dan (b)  modal. Arus kas dari kegiatan pendanaan berkurang disebabkan berkurangnya (a) utang jangka panjang dan (b) modal.


Selanjutnya susun laporan arus kas berdasarkan arus kas dari kegiatan operasi, investasi dan pendanaan, seperti nampak berikut ini.



sumber :

http://akuntansismkn1negara.blogspot.com/2011/07/laporan-arus-kas-metode-tidak-langsung.html
http://akuntansiitumudah.wordpress.com/2012/05/12/laporan-arus-kas-metode-langsung/#comment-9

Tuesday, March 25, 2014

Cara Mengatasi tidak bisa mengendalikan makan, ingin makan terus

Assalamualaikum. Sobat semua setanah air seindonesia, adakalanya kita menjadi jenuh dan merasa tidak nyaman dengan ketidakmampuan kita untuk mengendalikan keinginan kita untuk makan terus, terutama camilan. Terutama yang masih remaja. Jikalau kita tidak bisa mengendalikan makan, kita akan menumpuk kolestrol di tubuh. Karena kita masih muda, enzim dan hormon pengendali kolestrol masih berfungsi baik. Jadi kita tidak merasa apa apa. Tapi kalau udah tua, kita akan merasa 'bu shufu' (meriang alias tidak enak badan). Saya sang admin, menulis artikel ini karena saya juga pernah mengalami hal tersebut. Oke, berikut ini adalah tipsnya :

Yaitu dengan minum air putih langsung 2 gelas, directly, gak pake lama. Dengan begitu perut kita akan kembung, dan nafsu makan kita hilang sesaat. Selain itu air putih juga akan membantu kerja ginjal kita. Ada lo temenku yang gara gara kurang minum, jadinya ginjalnya rusak. Beberapa minggu sekali dia cuci darah yang biayanya.. wow

Sekian dari saya, terima kasih. Semangat muda!!

Monday, March 10, 2014

Laporan Laba Rugi Perusahaan (contohnya)

Laporan Laba Rugi Perusahaan (contohnya)

laporan laba rugi adalah laporan yang merupakan bagian dari laporan keuangan yang memuat informasi mengenai hasil operasi perusahaan, baik itu pendapatan dan pengeluaran selama peride tertentu.
Laporan laba-rugi ini cukup penting keberadaannya, karena laporan ini dapat dijadikan alat untuk memprediksi arus kas dimasa mendatang, banyak pemekai laporan keuangan yang memakai laporan laba-rugi ini untuk memprediksi arus kas masa depan, seperti para investor dan kreditor. para investor dan kreditor perlu untuk memprediksi arus kas perusahaan masa depan sebelum mereka menyuntikkan dana mereka ke perusahaan tesebut, tentu saja para investor dan kreditor tidak mau menyuntikkan dana kepada perusahaan yang mereka nilai arus kas atau kenerjanya jelek dan mengandung resiko yang terlalu besar.

Bagaimana laporan laba-rugi dapat memprediksi arus kas masa depan perusahaan ??
Kita lihat bahwa ketika perusahaan mengalami kenaikan pendapatan yang konsisten, walaupun tidak signifikan tetapi konsisten dari tahun ke tahun, hal tersebut dapat dijadikan oleh investor dan kreditor sebagai keyakinan bahwa arus kas, pendapatan, dan juga laba adalah baik, lebih baik lagi jika naik walau tidak signifikan. Saya rasa, itulah salah satu harapan para investor dan kreditor dengan melihat laporan laba-rugi perusahaan.

Contoh laporan laba-rugi

Gak perlu basa-basi, langsung saja saya berikan contoh laporan laba-rugi. Dibawah ini adalah dua contoh laporan laba-rugi, laporan laba-rugi single step dan laporan laba-rugi multiple step

Diketahui bahwa Estelle Company memiliki data-data berikut ini :

penjualan sebesar 5.000.000
pendapatan sewa 2.500.000
persediaan barang dagang awal, 1 januari 2012 sebesar 550.000
persediaan barang dagang akhir, 31 desember 2012 sebesar 560.000
pembelian 1.200.000
pengeluaran untuk angkut dan transportasi- masuk 100.000
pengeluaran untuk gaji dan komisi penjualan 350.000
pengeluaran untuk iklan 70.000
pengeluaran untuk angkut dan transportasi-keluar 80.000
penyusutan peralatan penjualan 20.000
pengeluaran untuk telepon 30.000
pengeluaran untuk jasa hukum 100.000
pengeluaran untuk asuransi 15.000
penyusutan bangunan 20.000
penyusutan peralatan kantor 10.000
pajak penghasilan 100.000

Informasi tambahan
Terdapat diskon penjualan sebesar 20.000 dan diskon pembelian sebesar 14.000.
Contoh laporan laba-ruginya sebagai berikut :

Contoh laporan laba-rugi single step

Estelle Company
Laporan laba-rugi
Per 31 Desember 2012

Pendapatan
penjualan bersih 4.980.000
pendapatan sewa 2.500.000
total pendapatan 7.480.000
Beban
harga pokok penjualan 1.276.000
beban penjualan 550.000
beban administrasi 145.000
beban pajak penghasilan 100.000
total beban 2.071.000
Laba bersih 5.409.000


Contoh laporan laba-rugi multiple step
Estelle Company
Laporan laba-rugi
Per 31 Desember 2012

Pendapatan penjualan
penjualan 5.000.000
diskon penjualan 20.000
pendapatan penjualan bersih 4.980.000
Harga pokok penjualan
persediaan barang dagang awal 550.000
pembelian 1.200.000
diskon pembelian 14.000
pembelian bersih 1.186.000
biaya angkut dan transportasi-masuk 100.000 1.286.000
barang tersedia untuk dijual 1.836.000
persediaan barang dagang akhir 560.000
Harga pokok penjualan 1.276.000
laba kotor atas penjualan 3.704.000
Beban operasi
beban penjualan
gaji dan komisi penjualan 350.000
beban iklan 70.000
beban angkut dan transportasi-keluar 80.000
penyusutan peralatan penjualan 20.000
beban telepon 30.000 550.000
beban administrasi
beban jasa hukum 100.000
beban asurasi 15.000
penyusutan bangunan 20.000
penyusutan peralatan kantor 10.000 145.000
695.000
Laba dari operasi 3.009.000
Pendapatan dan keuntungan lain
pendapatan sewa 2.500.000
5.509.000
Beban dan kerugian lain
(tidak ada) (tidak ada)
Laba sebelum pajak penghasilan 5.509.000
pajak penghasilan 100.000
Laba bersih 5.409.000 

sumber : http://xxxqori.blogspot.com/2013/12/pengertian-dan-contoh-laporan-laba-rugi.html

Friday, February 21, 2014

Cara Mendaftar SNMPTN 2014 Online

Cara Mendaftar SNMPTN 2014 Online




Perlu dicatat bahwa: Penilaian adalah otoritas MASING-MASING KAMPUS dan penilaian secara rincinya tidak diumumkan. hanya garis-garis besarnya saja yang dipublish. berikut ini beberapa kriteria penilaian yang secara umum digunakan, jadi mungkin aja ga semuanya kriteria yang gue tulis ini diperhatikan, atau mungkin cuma beberapa aja.

1. Nilai Raport - secara keseluruhan Di SNMPTN undangan 2014, nilai raport yg di UN kan yang dijadikan acuan pemeringkatan. untuk bandingin si A dan B, maka secara umum, lihat nilai total .

2. Nilai per mata pelajaran - misalnya si A dan si B ambil biologi di kampus yg sama. secara peringkat si A kalah, tp nilai biologi si A lbh baik dari si B. maka si A tetep bs bersaing dgn B. Prefer yg mana? itu keputusan masing2 kampus.

3. Konsistensi - Kalo tahun lalu, konsistensi menjadi syarat. misal taun lalu, pd sekolah akreditasi A bisa ngirim 50% siswa terbaik dan harus konsisten. Konsisten disini adalah yg ga pernah keluar rank 50% selama semester 3-5. Jd tiap sekolah biasanya ga sampe ngirim 50%nya. itu aturan konsisten oleh panitia snmptn. Kalo konsisten ketika penilaian oleh kampusnya, itu beda2 dan g diketahui seberapa penting dan pengukurannya gimana. Menurut pengalaman, ada juga yang semester 5 nilainya jatuh, diterima di FH UI. Jadi ukuran konsistensi tergantung masing-masing kampus.

4. Prestasi di luar kelas - Kamu dapat melampirkan, maksimal 3, prestasi terbaikmu. Nanti piagam/sertifikat di scan trus upload ke panitia ketika daftar.

5. Akreditasi/Prestasi Sekolah - Prestasi sekolah di ajang kompetisi2 jg bisa menjadi pertimbangan. seperti sering menang olimpiade2 atau lomba2 lain. otomatis alumni sekolah tersebut juga akan terangkat namanya.

Sistem seleksi nasional adalah seleksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2014 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2014 yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu.

KETENTUAN UMUM DAN PERSYARATAN
SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya.
Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswanya.
Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.

TATA CARA MENGIKUTI SNMPTN
Pada dasarnya semua siswa kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2014 berhak mengikuti SNMPTN. Untuk mengikuti SNMPTN, harus melalui 2 (dua) tahap yaitu pengisian PDSS dan pendaftaran.
Pengisian PDSS

Apakah PDDS itu?? PDSS adalah Singkatan dari Pangkalan Data Sekolah Dan Siswa. Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi.
Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah.
Bagi siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

Pendaftaran SNMPTN Undangan 2014
Siswa Pelamar, menggunakan NISN dan password, yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
Siswa Pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan. Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
Kepala Sekolah harus memberi rekomendasi kepada siswa yang sudah mendaftar SNMPTN.
Pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://www.snmptn.ac.id.
Siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.


Ketentuan Khusus
Persyaratan Sekolah

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri.
Telah mengisi PDSS
Terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) 2014.
Persyaratan Siswa Pelamar
Pendaftaran
• Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2014.
• Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS.
• Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.
• Memiliki prestasi akademik di sekolah pada semua semester.

sumber : http://daftarsnmptnsbmptn.blogspot.com/2013/09/snmptn-2014-dan-cara-pendaftaran-snmptn.html